bisnis PTC INDONESIA

Iklan kami

Cari disini

Pura Tirta Empul ( Tampaksiring )

Pura TIRTA EMPUL

Tampaksiring adalah nama dari sebuah desa yang terletak +-36 km dari denpasar. Pura tirta empul sebagai peninggalan kerajaan di Bali, yang paling menarik di tempat ini untuk di saksikan dan diketahui, di sebelah barat pura tersebut berdiri istana kepresidenan yang di bangun pada pemerintahan presiden sukarno.
Mengenai nama pura ini kemungkinan besar di ambil dari nama mata air yang terdapat di dalam pura ini yang bernama Tirta Empul nama Tirta Empul berasal dari kata Tirta dan empul yang artinya air yang menyembur keluar dari tanah, air ini bersumber dari sungai pakerisan yang ada di sebelah timur pura tersebut yang kaya akan peninggalan kepurbakalaan. Pendirian pura ini di perkirakan pada tahun 960 AD. pada zaman Raja Candra bhayasingha dari dinasti warmadewa, seperti biasanya pura-pura di bali. Pura ini di bagi atas tiga bagian yang merupakan, jabe pura, jabe tengah, dan jeroan.
Pada jabe tengah terdapat dua buah kolam persegi empat panjang dan kolam tersebut mempunyai 15 pancuran yang berderet dari timur ke barat menghadap ke selatan, masing-masing pancuran menurut tradisi mempunyai nama tersendiri di antaranya, pancuran pengelukatan, pabersihan sudhamala dan pancuran cetik (racun).
Jika anda ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga anda bisa mengunjungi arsop-arsop yang ada di jaba pura, di sebelah timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

info menarik