bisnis PTC INDONESIA

Iklan kami

Cari disini

KEYLogger

Bayangkan jika setiap penekanan tombol keyboard yang anda lakukan terekam dengan diam-diam untuk kemudian dilihat oleh seorang, tentunya hal yang menjengkelkan, bukan? hal inilah yang dilakukan tools dalam kategori keylogger.
cukup banyak software keylogger beraksì, mungkin anda tanpa sengaja telah menyerahkan nomor kartu kredit, password email,dan apapun yang telah anda ketikkan pada keyboard.
pada umumnya program keylogger akan bessembunyi pada background sehingga tidak mudah dideteksi keberadaanya, setiap penekanan tombol keyboard direkam dalam sebuah file ataupun dikirimkan pada pemasang program.
Jika komputer yang digunakan bukan komputer anda, tentu mudah untuk memasang program keylogger, keylogger masih dapat terinstal pada backgroud melalui berbagai jenis
malware atau rootkit, atau jika seorang dapat menguasai komputer anda secara remote.
jika anda cukup paranoid, kebetulan berada di warnet dan menganggap komputer yang sedang digunakan terdapat keylogger, maka anda dapat berkreasi atau kurang kerjaan mengakali keylogger, dengan mengetikkan huruf a sampai z pada notepad, kemudian menggunakan mouse untuk menyorot huruf yang ingin anda tulis.
apakah tidak ada cara lain yang lebih terhormat selain cara yang aneh diatas yang membuat anda menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung warnet? untungnya ada yaitu aea dapat menggunakan virtual keyboard (on-screen keyboard) yang disediakan windows dan terletak pada menu start-allsibility-on screen keyboard.
apakah permasalahan telah selesai? ternyata belum, karena ternyata pembuat software semakin berkembang dan tidak saja dapat merekam penekan tombol, tetapi bisa jadi juga mengambil capture layar secara diam-diam.
sebagai solusinya, terdapat software anti keylogger yang umumnya melakukan block atau mendeteksi aktivitar keylogger, juga melakukan block terhadap screen capture.

2 komentar:

  1. weh, kalo keylogger dari yogyafree.net sampai sekarang belum bisa dideteksi ama AV loh... manteb yach... (saya cuma pengguna loh bukan hacker) :D

    BalasHapus
  2. terimakasih untuk komentar anda terimakasih atas sarannya

    BalasHapus

info menarik