bisnis PTC INDONESIA

Iklan kami

Cari disini

Pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa

   Pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa



 



 LOGO





Oleh :
Dewa Gede Eka Putra
NIM  : 14150281004
Kelas : A




PRODI PERHOTELAN
PDD GIANYAR
POLITEKNIK NEGERI BALI
2014







KATA PENGANTAR                                                          

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini saya membahas tentang “ pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa d dalam acara televisi”,  permasalahan yang selalu dialami bagi pembawa acara televisi adalah kesalahan dalam pengucapan kalimat maupun tutur kata yang kurang baik yang terkadang menggunakan bahasa daerah yang tidak semua penonton bisa mengerti, jadi makalah ini di buat untuk mencari kesalahan-kesalahan yang di lakukan oleh para dkomunikator.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman tentang kesalahan-kesalahan dalam berbahasa Indonesia, karena dalam sejarah bahasa Indonesia yang sesungguhnya bahasa Indonesia berasal dari bahasa daerah melayu. Semua orang Indonesia mengetahui bahasa melayu karena struktur bahasa melayu lebih sederhana, karena itu bahasa melayu di gunakan sebagai bahasa Indonesia,
Dengan demikian dalam makalah ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang komunikator melakukan kesalahan dalam berbahasa Indonesia dikarenakan oleh error dan mistake, makalah ini dapat saya selesaikan karena adanya bantuan dari perkembangan teknologi internet yang sangat canggih, karena melalui internet saya bisa mendapatkan informasi tentang pembuatan makalah, dan melalui internet juga saya bisa menonton acara televisi, karena kesibukan saya dalam bekerja dan mengatur waktu untuk kuliah sehingga tidak ada waktu untuk menonton televisi di rumah, beruntung ada koneksi internet yang dapat saya manfaatkan untuk mencari kalimat-kalimat yang salah dalam acara televisi yang saya tonton melalui internet.   tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing   bahasa Indonesia saya yaitu Bapak Dewa Gede Bambang Erawan karena berkat beliau saya bisa mengerjakan makalah ini.
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

Tampaksiring 1 November 2014

Penyusun

                                                                        I




DAFTAR ISI


1.      COVER DEPAN
2.      KATA PENGANTAR………………………………………………………     i
3.      DAFTAR ISI…………………………………………………………………    ii


      BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang…………………………………………………………….   1
B.     Rumusan masalah…………………………………………………………   1
C.     Tujuan pembahasan……………………………………………………….   1
   

  BAB II PEMBAHASAN
            Kesalahan berbahasa………………………………………………………….    2  
1.      Error………………………………………………………………………    2
2.      Mistake……………………………………………………………………    2
Klasifikasi kesalahan berbahasa………………………………………………    3


BAB III PENUTUP
            Kesimpulan……………………………………………………………………    5








BAB I
 PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan dalam situasi dan kondisi yang disesuaikan dengan kaidah dan aturan bahasa indonesia. Apabila penggunaan bahasa, secara lisan maupun tertulis menyimpang dari faktor-faktor  penentu berkomunikasi dan kaidah bahasa, maka terjadilah kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor pemahaman, kemampuan atau kompetensi. Apabila pelajar belum memahami sistem linguistik bahasa yang sedang dipelajari, dia sering membuat kesalahan tatkala menggunakan bahasa tersebut. Kesalahan ini selalu berulang dan terjadi secara sistematis dan konsisten. Hal ini berlaku umum, artinya terjadi pada beberapa pelajar. Kesalahan berbahasa dapat diperbaiki oleh guru melalui  pengajaran remedial, latihan, dan praktik berbahasa. Ada beberapa pengklasifikasian dalam kesalahan berbahasa. Pada makalah ini, akan dibahas beberapa klasifikasi kesalahan  berbahasa yang dilakukan para penutur bahasa.

B.     Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan masalah dalam makalah ini  adalah “Apa sajakah kesalahan berbahasa yang sering dilakukan para penutur bahasa di dalam sebuah acara televisi yang bertujuan untuk menghibur masyarakat.

C.    Tujuan Pembahasan
    Tujuan pembahasan pada makalah ini adalah untuk mengetahui dan memahami  bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang sering dilakukan oleh para penutur bahasa dalam acara Stasiun televisi.


 
1
                                                                                                                                        

                                                                                                                                            2


 
BAB II
PEMBAHASAN


Kesalahan Berbahasa
Kesalahan merupakan sisi yang mempunyai cacat pada pengucapan baik di sengaja maupun tidak disengaja. Kesalahan tersebut merupakan bagian-bagian konversasi atau yang menyimpang dari norma baku atau norma terpilih dari performasi bahasa orang dewasa. Kesalahan berbahasa adalah pengguanan bahasa yang menyimpang dari kaidah  bahasa yang berlaku dalam bahasa itu. Penyimpangan kaidah bahasa dapat disebabkan oleh menerapkan kaidah bahasa dan keliru dalam menerapkan kaidah bahasa. Dalam pengajaran  bahasa, dikenal dua istilah kesalahan (error) dan kekeliruan (mistake).
 1, Error  
Error adalah kesalahan berbahasa akibat penutur melanggar kaidah atau aturan tata bahasa
(breaches of code) Kesalahan ini terjadi akibat penutur sudah memiliki aturan (kaidah) tata bahasa yang berbeda dari tata bahasa yang lain, sehingga itu berdampak pada kekurang sempurnaan atau ketidak mampuan penutur. Hal tersebut berimplikasi terhadap penggunaan  bahasa, terjadi kesalahan berbahasa akibat penutur menggunakan kaidah  bahasa yang salah.
 2,  Mistake
Mistake adalah kesalahan berbahasa akibat penutur tidak tepat dalam memilih kata atau ungkapan untuk suatu situasi tertentu. Kesalahan ini mengacu kepada kesalahan akibat penutur tidak tepat menggunakan kaidah yang diketahui benar, bukan karena kurangnya penguasaan bahasa nasional. Namun kesalahan terjadi pada  tuturan yang tidak benar.
 Selama bertahun-tahun pengajaran bahasa selalu memandang bahwa  penyimpangan berbahasa seorang anak yang sedang berusaha menguasai  bahasa selalu dianggap sebagai kesalahan. Begitu juga dengan tugas yang diberikan oleh dosen kami untuk mencari kesalahan-kesalahan berbahasa dalam acara televisi. Untuk bisa menelaah kesalahan para komunikator dalam acara Indonesia Lawak Klub, khususnya kesalahan berbahasa, mengandung dua maksud utama, yaitu:


                                                                                                                                    3

(1).Untuk memperoleh data yang dapat dipergunakan untuk membuat atau menarik kesimpulan-kesimpulan mengenai hakikat proses belajar berbahasa.
(2).Untuk mengetahui tipe kesalahan mana yang paling mengurangi kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.


Klasifikasi Kesalahan Berbahasa
Menurut Tarigan (1988: 87), kesalahan berbahasa erat kaitannya dengan pengajaran  bahasa, baik pengajaran bahasa pertama maupun pengajaran kedua. Kesalahan berbahasa tersebut mengganggu pencapaian tujuan pengajaran bahasa. Kesalahan berbahasa harus dikurangi bahkan dapat dihapuskan. Kesalahan-kesalahan tersebut sering timbul dan banyak terjadi pada penulisan-penulisan ilmiah. Namun dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang saya peroleh di universitas PDD Gianyar didalam menganalisis kesalahan berbahasa perlu di lihat beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain:
Pleonastis yaitu penggunaan kata-kata yang berlebihan.
Akronim yaitu singkatan yang jika di ucapkan terdengar seperti kata.
Ambigu yaitu kalimat yang membingungkan bisa juga di karenakan faktor penggunaan bahasa daerah.
Contoh kalimat-kalimat yang salah di dalam percakapan sebuah acara televisi Indonesia Lawak Klub dengan tema 1001 peristiwa di tahun 2013 yang di tayangkan di Trans7,
Adapun kesalahan dalam berbahasa yang saya dapatkan sesuai dengan faktor  yang mempengaruhi di atas diantaranya adalah;
KASKUS  kata ini adalah sebuah singkatan yang mempunyai arti kasak kusuk, namun jika di ucapkan akan terdengar seperti kata karena kaskus adalah nama dari sebuah situs informasi online, jadi kaskus bisa di sebut Akronim.
Saling tuker-tukeran cincin kata ini memiliki kesalahan ucap yang pengucapan sebenarnya adalah saling tukar-tukaran cincin, kalimat ini mengandung kalimat pleonastis atau penggunaan kata-kata yang berlebihan yang seharusnya cukup mengatakan saling tukar cincin.

                                                                                                                        4


Kualisi anti korupci ini adalah kesalahan ucap entah di sengaja ataupun tidak oleh komunikator karena kalimat yang benar adalah kualisi anti korupsi.
Jaoh-jaoh hari adalah kesalahan ucap yang benar adalah jauh-jauh hari.
Kalimat yang termasuk Ambigu diantaranya adalah
Ketika bapak polo ingin berdiri dari kursinya komeng berceloteh kampret mau terbang kalimat ini sangat membingungkan karena tak semua orang mengetahui arti kata kampret.
Dan kalimat yang membingungkan lainnya adalah Goro-gorone yang di rogo gak kena kalimat ini berasal dari bahasa daerah,, kemungkinan bahasa jawa atau bahasa daerah lainnya





                                                                                                                        5
 BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.kesalahan berbahasa Indonesia adalah pemakaian bentuk-bentuk tuturan  berbagai unit kebahasaan yang meliputi kata, kalimat, paragraf, yang menyimpang dari sistem kaidah bahasa Indonesia baku, serta pemakaian ejaan dan tanda baca yang menyimpang dari sistem ejaan dan tanda baca yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan dalam buku Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
2.Istilah kesalahan berbahasa memiliki pengertian yang beragam. Untuk itu,  pengertian kesalahan berbahasa perlu diketahui lebih awal sebelum kita membahas tentang kesalahan berbahasa yang menggunakan 2 (dua) istilah untuk membatasi kesalahan berbahasa:
(1) Errors dan (2) Mistake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

info menarik