bisnis PTC INDONESIA

Iklan kami

Cari disini

PENGERTIAN HARDWARE software dan brainware

PENGERTIAN HARDWARE software dan brainware
           
            Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
            Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
            Bagian utama pada computer adalah CPU (Central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja, CPU memerlukan alat masukan untuk memasukan informasi ataupun perintah. Hasilnya akan di keluarkan melalui alat keluaran. Informasi ataupun data dapat juga di ambil dan di simpan dari dan ke media penyimpanan.
            Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
            komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.



1. Unit Masukan ( Input Device )
            Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalamkomputer.
            Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard
            Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaankeyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY                                                 
2.) DVORAK                                                      3.) KLOCKENBERG

 b. Mouse
            Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard . Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c. Touchpad
            Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d. Light Pen
            Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e. Joy Stick dan Games Paddle
            Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalamkomputer.


 f. Barcode
            Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g. Scanner
            Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memorikomputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawabankomputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
            Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

h. Kamera Digital
            Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

 i. Mikropon dan Headphone
            Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

j. Graphics Pads
            Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

K. Touch screen
            Touch screen mempunyai kemampuan menampilkan dan menerima informasi langsung pada layar yang sama. dengan demikian, kita dapat langsung berinteraksi dengan computer tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard. Terkadang kita cukup meyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat tambahan seperti light penataupun jarum khusus

2. Unit keluaran (output device)
            Alat keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengelarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat di baca oleh manusia ataupun dapat di gunkan sbagai penyimpanan data hasil proses.

Ø  Jenis-Jenis Unit Keluaran
  • Monitor
         Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar yang dihasilkan komputer komputer tanpa rekaman permanen. Monitor komputer biasanya menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode ray tube), atau dapat juga terdiri atas panel datas seperti TFT LCD (liquit crystal display)
  • LCD Proyektor
            LCD Pryektor mempunyai kegunaan seperti monitor, hanya saja gambar yang di keluarkan akan di tampilkan di layar atau sembarang permukaan yang datar. Alat ini sering di gunakan untu presentasi atau pertunjukan. Keberadaan LCD Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector ataupun OHP (Over Head Projector)
            Dengan lensa yang dapat memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan datar maka hasilnya akan dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu menggunakan TV ataupun monitor yang besar..
·          
  • Printer
            Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy dari dokumen yang di simpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media fisik seperti kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer dapat menghasilkan teks, tulisan ataupun gambar dari komputer yg di cetak pada media seperti kertas. Biasanya printer di hubungkan langsung ke komputer dengan menggunakan kabel printer atau kabel USB yang mempunyai dokumen yang akan di cetak.
·        
  •  Speaker
            Speaker komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di lengkapi dengan jack plug stereo 1/8 inci untuk sound card computer. Terkadang orang menghubungkan sound card dengan speaker USB.



PENGERTIAN SOFTWARE

            Software (perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :
  1. Periode Pioner
  2. Periode Stabil
  3. Periode Mikro
  4. Periode Modern

PENGERTIAN BRAINWARE                     Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.            Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.            Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.Ø   
  • Konsep Tri Tunggal
            Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
  1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
  1. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
  1. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
  1. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
  1. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor :D.
  1. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
  1. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
  1. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
  1. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
  1. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal

PENGERTIAN SOFTWARE, HARDWARE, DAN BRAINWARE

Komponen Utama Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware) - Untuk mengoperasikan sebuah komputer, terdapat 3 komponen utama yang harus terpenuhi. Karena ketiganya ini memiliki peran yang sangat penting. Jika kurang satu saja dari 3 kopmonen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa di operasikan. Dengan kata lain, ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan, dan memiliki peran yang mengikat.
3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Barinware)

Ketiga komponen yang dimaksud adalah perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan juga manusia/pengguna (Brainware). Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen tersebut.

HARDWARE
3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Barinware)



Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Apabila tidak ada tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.

SOFTWARE


3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Barinware)

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimnegerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan.

Bayangkan saja jika tidak ada software, bagaimana perangkat keras yang ada akan dioperasikan. Dengan adanya software ini, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, menonton video, dan lain-lain.

Software utama yang harus ada dalam komputer adalah sistem operasi, baru kemudian sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi default maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan.

BRAINWARE


3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Barinware)

Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut. Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.

Ketiga komponen diatas, hardware, software, dan brainware memiliki fungsi dan peran yang mengikat atau saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika satu komponen saja tidak terpenuhi, maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa beroperasi. Karena komputer hanyalah sebuah rangkaian elektronika yang hanya berfungsi jika didukung dengan komponen lainnya, yaitu software dan brainware.

pengertian dan tipe pelayanan F&B service

F&B Service


A.    Gambaran Umum Sistem Pelayanan Food & Beverage
1.      Pengertian Pelayanan
Pelayanan Food & Beverage bagi para tamu hotel harus diberikan secara profesional dan semaksimal mungkin. Pelayanan menurut Marsum W A (2005: 273) yaitu:
Pelayanan adalah senyum kepada setiap orang, murah senyum, ramah, sopan, apapun yang kita kerjakan selalu berakhir dengan memuaskan, memandang tamu dengan rasa spesial, mengundang para tamu untuk dating kembali, selalu meningkatkan suasana yang akrab kepada tamu.
2.      Tipe-tipe Pelayanan
     Pelayanan Food & Beverage bagi para tamu hotel harus diberikan secara profesional dan semakimal mungkin. Sistem yang mendasari pelayanan dan selalu dipakai di berbagai hotel di seluruh dunia yaitu table service yang terdiri dari: “American Service, English Service, French Service, dan Russian Service”. 
      a.      American Service (Plate Service)
Menurut Soekresno dan Pendit (1998: 19), American Service merupakan “Sistem pelayanan yang paling praktis diantara sistem pelayanan yang lainnya, terutama jika dilihat dari kecepatan pelayanan, dan jumlah pramusaji yang relative lebih sedikit”.
Sistem pelayanan Amerika sifatnya tidak begitu formal bila dibandingkan dengan sistem pelayanan lainnya. Sistem pelayanan ini lebih cocok diterapkan di restoran karena para pramusaji tidak perlu mempunyai keterampilan khusus, pelayanan ini banyak digunakan di Coffee Shop dengan ciri khasnya semua makanan diporsikan di atas piring makan yang sudah ditata dengan rapi dan menarik, untuk menyajikan makanan hanya diperlukan seorang pramusaji.
b.      English Service (Family Service) 
Menurut Soekresno dan Pendit (1998: 25), English Service lebih dikenal dengan istilah Family Service, karena lebih mencerminkan suasana kekeluargaan. English Service memiliki sistem yang khas, antara lain: hidangan yang telah disiapkan dibagikan oleh tuan rumah kepada para tamu, atau tamu tetap duduk dan mengambil sendiri hidangan yang diestafetkan mulai dari tamu yang berada di sebelah kanan tuan rumah dan seterusnya searah jarum jam, dan terakhir tuan rumah sendiri.
Dalam sistem English Service, pramusaji kurang berperan jika dibandingkan ketiga sistem table service lainnya. Sistem pelayanan ini kurang sesuai diterapkan di restoran yang dikelola untuk tujuan komersial. Peran pramusaji di sini tidak lebih hanya membantu tugas-tugas tuan rumah seperti membawa hidangan dari dapur ke meja tamu, clear-up dan keperluan incidental lainnya yang mungkin timbul pada saat jamuan makan berlangsung. Pramusaji untuk English Service ini biasa disebut buttler. Seperti yang tercantum pada Gambar 2.2 di bawah ini

 c.       French Service (Gueridon Service)
Gueridon Service tergolong sistem pelayanan yang mewah dan memasak hidangan di atas kereta dorong oleh Chef de Rang dan dibantu oleh Commis de Rang, menurut Marsum W A (2005: 284) bahwa:
French service adalah satu type pelaymon sifatnya formal atau resmi, jenis pelayanan ini biasanya dipergunakan di lingkungan kaum ningrat, cara penghidangan ini tergolong mewah dimana penghidangan ini mempergunakan pinggan, alat pemanas atau alat khusus untuk memasak makanan dihadapan para tamu di atas kereta dorong (Gueridon).
 Oleh karena itu diperlukan seorang pramusaji yang ahli dalam pelaksanaan pelayanan ini, umumnya dalam cara ini akan bekerja dua orang pramusaji yang bekerja saling bantu membantu, mereka sering disebut Chef de Rang dan Commis de Rang. Tugas dari masing-masing ini berbeda.
           1)      Tugas Chef de Rang:
a)      Memberi salam kepada tamu waktu masuk restoran.
b)       Mengantar tamu duduk
c)       Memberi daftar minuman dan mengambil order minuman.
d)     Memberi daftar makanan atau menu dan mengambil order makanan.
e)      Menghidangkan wine.
f)       Memasak hidangan-hidangan spesial di atas kereta dorong (Gueridon) dihadapan para tamu.
g)      Menyuguhkan rekening, mengucapkan terima kasih dan selamat malam waktu tamu meninggalkan restoran. 
           2)      Tugas Commis de Rang:
a)      Menerima pesanan dari Chef de Rang.
b)      Mengambil makanan dari dapur.
c)      Menyajikan makanan yang telah diracik Chef de Rang kehadapan tamu dan membantu Chef de Rang setiap saat.
     
d.      Russian Service (Platter Service)
Menurut Marsum W A (2005: 295), “Russian Service kadang-kadang disebut juga sebagai Modified French Service, karena dalam beberapa hal mempunyai kesamaan dengan French Service”. Russian Service sifatnya sangat formal, mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian yang luar biasa dari Waiter atau Waitress. Makanan disajikan oleh Waiter atau Waitress dari dalam silver platter. Dua perbedaan yang menonjol antara Russian Service dan French Service adalah:
1)      Pada Russian Service, untuk menyajikan makanan hanya diperlukan seorang Waiter atau Waitress, sementara dalam French Service diperlukan dua orang Waiter atau Waitress. 
      2)      Pada Russian Service, makanan disiapkan sepenuhnya di dapur, sedangkan dalam French Service makanan ada yang full process atau semi proccess di dalam ruang makan di depan para tamu.

Cara pelayanan ini sering juga disebut sebagai “Full Silver Service” dan pelayanan lebih cepat. Dalam Platter service ini, pramusaji dituntut mempunyai keterampilan yang tinggi khususnya di dalam penggunaan “Clamp” (sendok atau garpu besar untuk menggapit dan memindahkan makanan ke piring tamu), 
 
 



Pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa

   Pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa



 



 LOGO





Oleh :
Dewa Gede Eka Putra
NIM  : 14150281004
Kelas : A




PRODI PERHOTELAN
PDD GIANYAR
POLITEKNIK NEGERI BALI
2014







KATA PENGANTAR                                                          

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini saya membahas tentang “ pengkajian penelitian terhadap kesalahan-kesalahan dalam berbahasa d dalam acara televisi”,  permasalahan yang selalu dialami bagi pembawa acara televisi adalah kesalahan dalam pengucapan kalimat maupun tutur kata yang kurang baik yang terkadang menggunakan bahasa daerah yang tidak semua penonton bisa mengerti, jadi makalah ini di buat untuk mencari kesalahan-kesalahan yang di lakukan oleh para dkomunikator.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman tentang kesalahan-kesalahan dalam berbahasa Indonesia, karena dalam sejarah bahasa Indonesia yang sesungguhnya bahasa Indonesia berasal dari bahasa daerah melayu. Semua orang Indonesia mengetahui bahasa melayu karena struktur bahasa melayu lebih sederhana, karena itu bahasa melayu di gunakan sebagai bahasa Indonesia,
Dengan demikian dalam makalah ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seorang komunikator melakukan kesalahan dalam berbahasa Indonesia dikarenakan oleh error dan mistake, makalah ini dapat saya selesaikan karena adanya bantuan dari perkembangan teknologi internet yang sangat canggih, karena melalui internet saya bisa mendapatkan informasi tentang pembuatan makalah, dan melalui internet juga saya bisa menonton acara televisi, karena kesibukan saya dalam bekerja dan mengatur waktu untuk kuliah sehingga tidak ada waktu untuk menonton televisi di rumah, beruntung ada koneksi internet yang dapat saya manfaatkan untuk mencari kalimat-kalimat yang salah dalam acara televisi yang saya tonton melalui internet.   tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing   bahasa Indonesia saya yaitu Bapak Dewa Gede Bambang Erawan karena berkat beliau saya bisa mengerjakan makalah ini.
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

Tampaksiring 1 November 2014

Penyusun

                                                                        I




DAFTAR ISI


1.      COVER DEPAN
2.      KATA PENGANTAR………………………………………………………     i
3.      DAFTAR ISI…………………………………………………………………    ii


      BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang…………………………………………………………….   1
B.     Rumusan masalah…………………………………………………………   1
C.     Tujuan pembahasan……………………………………………………….   1
   

  BAB II PEMBAHASAN
            Kesalahan berbahasa………………………………………………………….    2  
1.      Error………………………………………………………………………    2
2.      Mistake……………………………………………………………………    2
Klasifikasi kesalahan berbahasa………………………………………………    3


BAB III PENUTUP
            Kesimpulan……………………………………………………………………    5








BAB I
 PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan dalam situasi dan kondisi yang disesuaikan dengan kaidah dan aturan bahasa indonesia. Apabila penggunaan bahasa, secara lisan maupun tertulis menyimpang dari faktor-faktor  penentu berkomunikasi dan kaidah bahasa, maka terjadilah kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa disebabkan oleh faktor pemahaman, kemampuan atau kompetensi. Apabila pelajar belum memahami sistem linguistik bahasa yang sedang dipelajari, dia sering membuat kesalahan tatkala menggunakan bahasa tersebut. Kesalahan ini selalu berulang dan terjadi secara sistematis dan konsisten. Hal ini berlaku umum, artinya terjadi pada beberapa pelajar. Kesalahan berbahasa dapat diperbaiki oleh guru melalui  pengajaran remedial, latihan, dan praktik berbahasa. Ada beberapa pengklasifikasian dalam kesalahan berbahasa. Pada makalah ini, akan dibahas beberapa klasifikasi kesalahan  berbahasa yang dilakukan para penutur bahasa.

B.     Rumusan Masalah
 Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, rumusan masalah dalam makalah ini  adalah “Apa sajakah kesalahan berbahasa yang sering dilakukan para penutur bahasa di dalam sebuah acara televisi yang bertujuan untuk menghibur masyarakat.

C.    Tujuan Pembahasan
    Tujuan pembahasan pada makalah ini adalah untuk mengetahui dan memahami  bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang sering dilakukan oleh para penutur bahasa dalam acara Stasiun televisi.


 
1
                                                                                                                                        

                                                                                                                                            2


 
BAB II
PEMBAHASAN


Kesalahan Berbahasa
Kesalahan merupakan sisi yang mempunyai cacat pada pengucapan baik di sengaja maupun tidak disengaja. Kesalahan tersebut merupakan bagian-bagian konversasi atau yang menyimpang dari norma baku atau norma terpilih dari performasi bahasa orang dewasa. Kesalahan berbahasa adalah pengguanan bahasa yang menyimpang dari kaidah  bahasa yang berlaku dalam bahasa itu. Penyimpangan kaidah bahasa dapat disebabkan oleh menerapkan kaidah bahasa dan keliru dalam menerapkan kaidah bahasa. Dalam pengajaran  bahasa, dikenal dua istilah kesalahan (error) dan kekeliruan (mistake).
 1, Error  
Error adalah kesalahan berbahasa akibat penutur melanggar kaidah atau aturan tata bahasa
(breaches of code) Kesalahan ini terjadi akibat penutur sudah memiliki aturan (kaidah) tata bahasa yang berbeda dari tata bahasa yang lain, sehingga itu berdampak pada kekurang sempurnaan atau ketidak mampuan penutur. Hal tersebut berimplikasi terhadap penggunaan  bahasa, terjadi kesalahan berbahasa akibat penutur menggunakan kaidah  bahasa yang salah.
 2,  Mistake
Mistake adalah kesalahan berbahasa akibat penutur tidak tepat dalam memilih kata atau ungkapan untuk suatu situasi tertentu. Kesalahan ini mengacu kepada kesalahan akibat penutur tidak tepat menggunakan kaidah yang diketahui benar, bukan karena kurangnya penguasaan bahasa nasional. Namun kesalahan terjadi pada  tuturan yang tidak benar.
 Selama bertahun-tahun pengajaran bahasa selalu memandang bahwa  penyimpangan berbahasa seorang anak yang sedang berusaha menguasai  bahasa selalu dianggap sebagai kesalahan. Begitu juga dengan tugas yang diberikan oleh dosen kami untuk mencari kesalahan-kesalahan berbahasa dalam acara televisi. Untuk bisa menelaah kesalahan para komunikator dalam acara Indonesia Lawak Klub, khususnya kesalahan berbahasa, mengandung dua maksud utama, yaitu:


                                                                                                                                    3

(1).Untuk memperoleh data yang dapat dipergunakan untuk membuat atau menarik kesimpulan-kesimpulan mengenai hakikat proses belajar berbahasa.
(2).Untuk mengetahui tipe kesalahan mana yang paling mengurangi kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.


Klasifikasi Kesalahan Berbahasa
Menurut Tarigan (1988: 87), kesalahan berbahasa erat kaitannya dengan pengajaran  bahasa, baik pengajaran bahasa pertama maupun pengajaran kedua. Kesalahan berbahasa tersebut mengganggu pencapaian tujuan pengajaran bahasa. Kesalahan berbahasa harus dikurangi bahkan dapat dihapuskan. Kesalahan-kesalahan tersebut sering timbul dan banyak terjadi pada penulisan-penulisan ilmiah. Namun dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang saya peroleh di universitas PDD Gianyar didalam menganalisis kesalahan berbahasa perlu di lihat beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain:
Pleonastis yaitu penggunaan kata-kata yang berlebihan.
Akronim yaitu singkatan yang jika di ucapkan terdengar seperti kata.
Ambigu yaitu kalimat yang membingungkan bisa juga di karenakan faktor penggunaan bahasa daerah.
Contoh kalimat-kalimat yang salah di dalam percakapan sebuah acara televisi Indonesia Lawak Klub dengan tema 1001 peristiwa di tahun 2013 yang di tayangkan di Trans7,
Adapun kesalahan dalam berbahasa yang saya dapatkan sesuai dengan faktor  yang mempengaruhi di atas diantaranya adalah;
KASKUS  kata ini adalah sebuah singkatan yang mempunyai arti kasak kusuk, namun jika di ucapkan akan terdengar seperti kata karena kaskus adalah nama dari sebuah situs informasi online, jadi kaskus bisa di sebut Akronim.
Saling tuker-tukeran cincin kata ini memiliki kesalahan ucap yang pengucapan sebenarnya adalah saling tukar-tukaran cincin, kalimat ini mengandung kalimat pleonastis atau penggunaan kata-kata yang berlebihan yang seharusnya cukup mengatakan saling tukar cincin.

                                                                                                                        4


Kualisi anti korupci ini adalah kesalahan ucap entah di sengaja ataupun tidak oleh komunikator karena kalimat yang benar adalah kualisi anti korupsi.
Jaoh-jaoh hari adalah kesalahan ucap yang benar adalah jauh-jauh hari.
Kalimat yang termasuk Ambigu diantaranya adalah
Ketika bapak polo ingin berdiri dari kursinya komeng berceloteh kampret mau terbang kalimat ini sangat membingungkan karena tak semua orang mengetahui arti kata kampret.
Dan kalimat yang membingungkan lainnya adalah Goro-gorone yang di rogo gak kena kalimat ini berasal dari bahasa daerah,, kemungkinan bahasa jawa atau bahasa daerah lainnya





                                                                                                                        5
 BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
1.kesalahan berbahasa Indonesia adalah pemakaian bentuk-bentuk tuturan  berbagai unit kebahasaan yang meliputi kata, kalimat, paragraf, yang menyimpang dari sistem kaidah bahasa Indonesia baku, serta pemakaian ejaan dan tanda baca yang menyimpang dari sistem ejaan dan tanda baca yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan dalam buku Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
2.Istilah kesalahan berbahasa memiliki pengertian yang beragam. Untuk itu,  pengertian kesalahan berbahasa perlu diketahui lebih awal sebelum kita membahas tentang kesalahan berbahasa yang menggunakan 2 (dua) istilah untuk membatasi kesalahan berbahasa:
(1) Errors dan (2) Mistake.

info menarik